LAPORAN PRAKTIKUM FISIOLOGI TUMBUHAN
DISUSUN OLEH :
DEWI SUKMAWATI
HARUN ARRASID
JEPRI SAHDO SIMBOLON
MUCHAMMAD KIROM
SURYATI
JURUSAN AGROTEKNOLOGI
FAKULTAS PERTANIAN DAN PETERNAKAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
SULTAN SYARIF KASIM RIAU
TAHUN AKADEMIK 2014-2015
KATA PENGANTAR
Puji syukur
penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, taufik,
serta hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan penulisan tugas makalah
praktikum individu Fisiologi Tumbuhan ini dengan sebaik-baiknya.
Tidak lupa
penulis juga berterima kasih kepada Ibu Rosmaina, S.P., M.Si. selaku dosen pembimbing Fisiologi Tumbuhan yang telah
memberikan bimbingan kepada penulis dalam melancarkan penyusunan
sampai penulisan makalah ini dengan sebaik mungkin.
Makalah ini dibuat untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Fisiologi
Tumbuhan dan diharapkan mampu membantu
penulis dan pembaca dalam menambah wawasan ilmu pada pembahasan praktikum
Fisiologi Tumbuhan ini. Makalah ini diharapkan menjadi bacaan yang bermanfaat
bagi para pembaca agar mempunyai ilmu yang tinggi dan menambah luas wawasan pengetahuan.
Penulis menyadari
bahwa penyusunan makalah ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, dengan
segala kerendahan hati, saran dan kritik yang membangun perbaikan makalah ini
sangat penulis harapkan dari pembaca, guna untuk memperbaiki dan meningkatkan
pembuatan makalah atau tugas yang lainnya pada waktu mendatang.
Pekanbaru, Januari 2015
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR .......................................................................................... i
DAFTAR ISI ........................................................................................................ ii
DAFTAR TABEL................................................................................................ iii
DAFTAR GAMBAR........................................................................................... iv
I.
KOMPOSISI KIMIA MEMBRAN SEL DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI
PERMEABILITAS............................................................................................ 1
1.1 Pendahuluan.............................................................................................. 1
1.1.1 Latar Belakang .................................................................................... 1
1.1.2 Tujuan.................................................................................................. 2
1.2
Tinjauan
Pustaka........................................................................................ 2
1.3
Metodologi................................................................................................ 2
1.3.1 Waktu dan Tempat.............................................................................. 2
1.3.2 Alat dan Bahan.................................................................................... 2
1.3.3 Cara Kerja............................................................................................ 3
1.4
Hasil dan
Pembahasan............................................................................... 5
1.4.1 Hasil Pengamatan................................................................................ 5
1.4.2 Pembahasan......................................................................................... 5
1.5
Penutup...................................................................................................... 5
1.5.1 Kesimpulan.......................................................................................... 5
1.5.2
Saran.................................................................................................... 6
Daftar Pustaka................................................................................................. 7
Lampiran..................................................................................................... 7
II.
PENGARUH KADAR GARAM TERHADAP PENYERAPAN AIR DAN PERTUMBUHAN
TANAMAN............................................................................................................................ 8
2.1 Pendahuluan.............................................................................................. 8
2.1.1 Latar Belakang .................................................................................... 8
2.1.2 Tujuan.................................................................................................. 8
2.2
Tinjauan
Pustaka........................................................................................ 8
2.3
Metodologi............................................................................................... 11
2.3.1 Waktu dan Tempat............................................................................. 11
2.3.2 Alat dan Bahan................................................................................... 11
2.3.3 Cara Kerja........................................................................................... 11
2.4
Hasil dan
Pembahasan.............................................................................. 13
2.4.1 Hasil Pengamatan............................................................................... 13
2.4.2 Pembahasan........................................................................................ 14
2.5
Penutup..................................................................................................... 15
2.5.1 Kesimpulan......................................................................................... 15
2.5.2
Saran................................................................................................... 15
Daftar Pustaka................................................................................................ 16
Lampiran................................................................................................... 16
III.
PENGARUH KOSENTRASI ENZIM............................................................ 17
3.1 Pendahuluan............................................................................................. 17
3.1.1 Latar Belakang ................................................................................... 17
3.1.2 Tujuan................................................................................................. 17
3.2
Tinjauan
Pustaka....................................................................................... 17
3.3
Metodologi............................................................................................... 19
3.3.1 Waktu dan Tempat............................................................................. 19
3.3.2 Alat dan Bahan................................................................................... 19
3.3.3 Cara Kerja........................................................................................... 19
3.4
Hasil dan
Pembahasan.............................................................................. 21
3.4.1 Hasil Pengamatan............................................................................... 21
3.4.2 Pembahasan........................................................................................ 21
3.5
Penutup..................................................................................................... 22
3.5.1 Kesimpulan......................................................................................... 22
3.5.2
Saran................................................................................................... 22
Daftar Pustaka................................................................................................ 23
IV.
PERKECAMBAHAN BIJI.............................................................................. 24
4.1 Pendahuluan............................................................................................. 24
4.1.1 Latar Belakang ................................................................................... 24
4.1.2 Tujuan................................................................................................. 25
4.2
Tinjauan Pustaka....................................................................................... 25
4.3
Metodologi............................................................................................... 27
4.3.1 Waktu dan Tempat............................................................................. 27
4.3.2 Alat dan Bahan................................................................................... 27
4.3.3 Cara Kerja........................................................................................... 27
4.4
Hasil dan
Pembahasan.............................................................................. 28
4.4.1 Hasil Pengamatan............................................................................... 28
4.4.2 Pembahasan........................................................................................ 29
4.5
Penutup..................................................................................................... 30
4.5.1 Kesimpulan......................................................................................... 30
4.5.2
Saran................................................................................................... 30
Daftar Pustaka................................................................................................ 30
I.
KOMPOSISI
KIMIA MEMBRAN SEL DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMEABILITAS
1.1 Pendahuluan
1.1.1 Latar Belakang
Membran plasma merupakan batas
kehidupan, batas yang memisahkan sel hidup dari sekelilingnya yang mati.
Berdasarkan dari komposisi kimia membran dan pemeabilitasnya terhadap solut
maka dapat disimpulkan bahwa membran sel terdiri atas lipid dan protein. Tiga
macam lipida polar yang utama adalah fosfolipida, glukolipida dan sedikit
sulfolipida. Pada lipida polar, asam lemak yang hidrofobik berorientasi ke
bagian dalam membran. Variasi antara panjang dan tingkat ketidakjenuhan (jumlah
ikatan rangkap) dari rantai asam lemak berpengaruh terhadap titik cair.
Membran sel terdiri atas dua
lapis molekul fosfolipid. Bagian ekor dengan asam lemak yang bersifat
hidrofobik (non polar), kedua lapis molekul tersebut saling berorientasi
kedalam, sedangkan bagian kepala bersifat hidrofilik (polar), mengarah ke
lingkungan yang berair. (Anonimous, 2008). Pada membran terdapat lapisan ganda
dan molekul-molekul posfolipid yang letaknya teratur sedemikian rupa sehingga
ujung karbon yang hidropobik terbungkus sedemikian rupa di dalam sebuah lapisan
amorf dalam senyawa lipid. (Prawiranata, 1981).
Membran plasma memiliki
permeabilitas selektif, yakni membran ini memungkinkan beberapa substansi dapat
melintasinya dengannya lebih mudah dari pada substansi yang lainnya. Kemampuan
sel untuk membedakan pertukaran kimiawinya ini dengan lingkungannya merupakan
hal yang mendasar bagi kehidupan, dan membran plasma inilah yang membuat
keselektifan ini bisa terjadi. (Campbell, dkk, 2002).
Adanya sifat hidrofobik di bagian
tengah lapisan lipid membran plasma menyebabkan membran tersebut tidak mudah
ditembus oleh molekul polar, sehingga membran sel mencegah keluarnya
komponen-komponen dalam sel yang larut dalam air. Namun, sel juga memerlukan
bahan-bahan nutrisi dan membuang limbahnya ke luar sel. Untuk memenuhi
kebutuhan ini, sel harus mengembangkan suatu sistem/mekanisme khusus untuk
transpor melintasi membran sel. (Subowo, 1995).
1.1.2 Tujuan
Untuk melihat pengaruh berbagai
perlakuan fisik dan kimia terhadap permeabilitas membran sel.
1.2 Tinjauan Pustaka
Setiap sel eukariotik
memiliki sistem membran yang kompleks. Membran sel secara umum berperan dalam
pertukaran bahan-bahan antara sel dan lingkungan sekitarnya serta organelase.
Dalam sistem membran juga berlangsung reaksi metabolisme seluler. Membran plasma
atau plasmolema suatu sel tumbuhan tinggi merupakan batas luar dari protoplasma
yang berhadapan dengan dinding sel.
Berdasarkan
ultra struktur dan fungsi membran terbukti bahwa membran tersusun oleh protein,
lemak dan karbohidrat. Sifat khusus membran lainya disammping susunan kimianya
adalah sifat fungsionalnya yang semi fermeabel (permeable differential). Air
melaui membran secara fasif berdasarkan gradien fotensial air.beberapa solut
dapat lewat tetapi dengan kecepatan dengan mekanisme yang berbeda-beda. Pada
membran tidak hidup, perbedaan permeabilitas bergantung pada besar kecilnya
molekul yang hendak lewat dan ditentukan pula oleh besarnya pori-pori membran,
sedangkan pada membran plasma (sel hidup) besarnya molekul tidak berpengaruh.
Hal ini diduga ada kaitannya dengan kelarutan zat itu dalam salah satu komponen
membran.
1.3
Metodologi
1.3.1 Waktu dan Tempat
Tanggal : 8 Januari 2015, Pukul 08.00 sampai
dengan selesai.
Lokasi : Laboratorium Genetika Fakultas
Pertanian dan Peternakan UIN SUSKA RIAU.
1.3.2 Alat dan Bahan
A.
Alat
ü Hotplate
ü Termometer
ü Rak
tabung reaksi
ü Saringan
teh
ü Cawan
petri
ü Pengaduk
ü Gelas
piala.
ü Bor
untuk membuat potongan berbentuk silinder dengan garis tengah 0,5 cm
B.
Bahan
ü Daun
Rhoe discolor
ü Air
destilasi
ü Aseton
50%.
1.3.3 Cara Kerja
1. Ambil
daun rhoe discolor lau cuci sampai
bersih dari debu dan kotoran.
2. Lubangi
daun tersebut dengan bor yag telah dipersiapkan sebanyak 200 buah, lalu rendam
dalam air destilasi agar cairan sel atau antosionim pada bagian yang dilukai
bisa tercuci bersih.
3. Siapkan
larutan aseton sebanyak 100 ml.
4. Persiakan
potongan daun rhoe discolor
masing-masing sebanyak 50 buah untuk empat perlakuan, yaitu:
a. Dalam
alkohol 70 %.
b. Dalam
air temperatur 400c.
c. Dalam
air temperatur 600c.
d. Dalam
air temperatur 800c
5. Ambil
50 buah potongan daun yang pertama direndam dalam alkohol 70% selam 15 menit,
kemudian disaring dengan saringan teh, lalu dimasukkan dalam 100 ml air
destilasi. Biarkan selama 30 menit, lalu disaring kembali. Larutan hasil
saringan dimasukkan kedalam tabung reaksi.
6. Selanjutnya
diambil 50 potongan daun berikutnya untuk perlakuan berikutnya. Rendam
daun-daun tersebut kedalam air destilasi dengan temperatur 400c, 600C, dan 800C selama 15 detik, kemudian
disaring dan dimasukkan dalam 100 ml air destilasi dan biarkan selama 30 menit.
Kemudian saring kembali, selanjutnya masing-masing hasil saringan dimasukkan
kedalam tabung reaksi.
Gambar 1.1 dan
1.2 Persiapan air yang dipanaskan pada suhu temperatur 600C
Gambar 1.3 dan
1.4 Hasil pelubangan daun Rhoe discolor
Gambar
1.5 dan 1.6 Potongan daun Rhoe discolor dalam perendaman air destilasi dan
hasil perbedaan warna yang terjadi pada masing-masing perlakuan.
7. Untuk
menghindari kekeliruan pasanglah label pada masing-masing perlakuan.
8. Perbedaan
yang terjadi pada masing-masing perlakuan dicatat dalam lembar pengamatan.
1.4 Hasil dan
Pembahasan
1.4.1 Hasil Pengamatan
A.
Hasil
pengamatan perubahan warna air akibat pelakuan pada daun Rhoe discolor
Perlakuan
|
Tingkat
perubahan warna
|
Alkohol
70 %
|
+++++
|
400C
|
+
|
600C
|
+++
|
800C
|
++++
|
Keterangan:
+ agak keruh; ++ keruh; +++ keruh mendekati merah muda; ++++ agak merah muda;
+++++ merah muda; ++++++ merah hampir seperti merah epidermis.
1.4.2
Pembahasan.
Dari data diatas dapat kita lihat bahwat
pada perlakuan alkohol 70% mengalami tingkat perubahan warna (+++++) merah
muda,dikarenakan ada pigmen yang larut dalam al kohol setelah di panaskan, pada
perlakuan panas 400C mengalami tingkat perubahan warna(+) agak
keruh,sedangkan pada perlakuan panas 600C mengalami tingkat
perubahan warna (+++) keruh mendekati merah muda,dan pada perlakuan panas 800C
mengalami tingkat perubahan warna (++++) agak merah muda.
1.5
Penutup
1.5.1 Kesimpulan
Perrmeabelitas sangat bergantung pada besar kecilnya
molekul yang lewat dan ditentukan dengan besarnya pori- pori membran. Tapi pada
membran plasma sel hidup besarnya molekul tidak berpengaruh, hal ini di
sebabkan adanya kaitan antara kelarutan zat dalam salah satu komponen tersebut.
Jadi semakin suhunya di naikkan maka
pigmen akan semakin larut.
1.5.2
Saran
Dalam melakukan pratikum ini pratikan hendak nya
lebih hati-hati dalam penggunaan alat-alat laboratorium, kemudian jika ingin
melihat perbedaan tingkat perubahan
warna yang lebih optimal maka dilakukan penambahan perlakuan panas.
Daftar
Pustaka
Dwidjoseputro, 1991. Pengantar
fisiologi Tumbuhan. Gramedia. Jakarta
https://www.academia.edu/5158509/Membran_Sel-Biology_Campbell
Santoso. 1990. Fisiologi
Tumbuhan. UGM Press: Yogyakarta
Suendo, Veinardi, Yuliany dan Cynthia L.R. 2002.
Pengaruh Media Perendaman terhadap Permeabilitas Membran Polisulfon: Institut
Teknologi Bandung: Bandung. Vol. 7 No 2.
Lampiran:
_Jurnal
ü Suendo,
Veinardi, Yuliany dan Cynthia L.R. 2002. Pengaruh Media Perendaman terhadap
Permeabilitas Membran Polisulfon: Institut Teknologi Bandung: Bandung. Vol. 7
No 2. (7 Lembar)
II.
PENGARUH KADAR GARAM TERHADAP PENYERAPAN AIR DAN PERTUMBUHAN
TANAMAN
2.1
Pendahuluan
2.1.1
Latar Belakang
Air Beraneka ragam unsur dapat
ditemukan dalam tumbuhan, tetapi tidak berarti bahwa seluruh unsur-unsur
tersebut dibutuhkan tumbuhan untuk kelangsungan hidupnya. Beberapa unsur yang
ditemukan di dalam tubuh tumbuhan malah dapat mengganggu metabolisme atau
meracuni tumbuhan.
Di samping karbondioksida dan air, tumbuhan masih memerlukan zat-zat lain
yang disebut dengan hara mineral. Hara mineral ini ada yang esensial ada yang
non-esensial. Natrium bukanlah suatu makrohara, juga tidak bisa dipastikan
sebagai unsur esensial. Namun, dalam konsentrasi yang rendah atau sedikit dapat
dikatakan sebagai unsur esensial bagi tumbuhan, yaitu untuk menggantikan
sebagian kalium yang dibutuhkan untuk pertumbuhan maksimum.
Pada praktikum ini akan mengetahui pengaruh kadar garam yang berbeda- beda
terhadap penyerapan air dan pertumbuhan. Oleh karena itu dilakukan percobaan
terhadap pengaruh kadar garam terhadap pertumbuhan kacang hijau (Phaseolus radiatus).
2.1.2 Tujuan
Melihat
pengaruh osmotik dari kosentrasi garam terhadap arbsobsi air dan pertumbuhan
tanaman.
2.2
Tinjauan Pustaka
Didalam tubuh tanaman, lebih dari
90% air yang diserap oleh akar dikeluarkan lagi ke udara sebagai uap air.
Penyerapan air oleh tanaman sebagian besar melalui rambut-rambut akar, yang
menyediakan permukaan untuk penyerapan yang amat luas. Pada beberapa tanaman,
ketika akar menyerap air dari tanah dan mengangkutnya ke dalam xylem akar, air
dalam xylem akan membentuk tekanan positif atau tekanan akar. Intensitas
transpirasi sangat dipengaruhi oleh kadar karbondioksida di dalam ruangan
interseluler, cahaya, suhu, kelembaban udara, kecepatan angin, dan keadaan air
dalam tanah (Harso, 2010).
Sekitar 99 persen, yang masuk
kedalam tumbuhan meninggalkan daun dan batang sebagai uap air. Proses tersebut
dinamakan transpirasi. Kemungkinan kehilangan air dari jaringan tanaman melalui
bagian tanaman yang lain dapat saja terjadi, tetapi porsi kehilangan tersebut
sangat kecil dibanding dengan yang hilang melalui stomata. Sebagian besar dari
jaringan yang terdapat dalam daun secara langsung terlibat dalam transpirasi.
Pada waktu transpirasi, air menguap dari permukaan sel palisade dan mesofil
bunga karang ke dalam ruang antar sel. Dari ruang tersebut uap air berdifusi
melalui stomata ke udara. Air yang hilang dari dinding sel basah ini diisi air
dan protoplas. Persediaan air dari protoplas, pada gilirannya, biasanya
diperoleh dari gerakan air dari sel-sel sekitarnya, dan akhirnya tulang daun,
yang merupakan bagian dari sistem pembuluh yang meluas ke tempat persediaan air
dalam tanah. Sebatang tumbuhan yang tumbuh di tanah dapat dibayangkan sebagai
dua buah sistem percabangan, satu di bawah dan satu lagi di atas permukaan
tanah. Kedua sistem ini dihubungkan oleh sebuah sumbu utama yang sebagian besar
terdapat di atas tanah. Sistem yang ada dalam tanah terdiri atas akar yang bercabang-cabang
menempati hemisfer tanah yang besar. Akar-akar terkecil terutama yang menempati
bagian luar hemisfer tersebut. Karena sumbu yang menghubungkan akar dan daun
memungkinkan air mengalir dengan tahanan wajar, maka tidak dapat dielakkan lagi
bahwa air akan mengalir sepanjang gradasi tekanan air yang membentang dari
tanah ke udara dalam tubuh tumbuhan. Oleh karena itu seluruh tumbuhan dapat
dibandingkan dengan sumbu lampu, yang menyerap air dari tanah melalui akar,
mengalirkannya melalui batang dan kemudian menguapkannya ke udara dari
daun-daun. Aliran air ini dikenal dengan istilah alur transpirasi, merupakan
konsekuensi struktur tumbuhan dalam hubungannya dengan lingkungan (Loveless,
1991).
Air diserap ke dalam akar secara
osmosis melalui rambut akar, sebagian besar bergerak menurut gradien potensial
air melalui xilem. Air dalam pembuluh xilem mengalami tekanan besar karena
molekul air polar menyatu dalam kolom berlanjut akibat dari penguapan yang
berlangsung di bagian atas. Sebagian besar ion bergerak melalui simplas dari
epidermis akar ke xilem, dan kemudian ke atas melalui arus transportasi (Harso,
2010).
Laju transpirasi dipengaruhi oleh
ukuran tumbuhan, kadar CO2, cahaya, suhu, aliran udara, kelembaban,
dan tersedianya air tanah. Faktor-faktor ini mempengaruhi perilaku stoma yang
membuka dan menutupnya dikontrol oleh perubahan tekanan turgor sel penjaga yang
berkorelasi dengan kadar ion kalium (K+) di dalamnya. Selama stoma terbuka,
terjadi pertukaran gas antara daun dengan atmosfer dan air akan hilang ke dalam
atmosfer. Untuk mengukur laju transpirasi tersebut dapat digunakan potometer
(Loveless, 1991).
Transpirasi pada tumbuhan yang
sehat sekalipun tidak dapat dihindarkan dan jika berlebihan akan sangat
merugikan karena tumbuhan akan menjadi layu bahkan mati. Sebagian besar
transpirasi berlangsung melalui stomata sedang melalui kutikula daun dalam
jumlah yang lebih sedikit. Transpirasi terjadi pada saat tumbuhan membuka
stomatanya untuk mengambil karbon dioksida dari udara untuk berfotosintesis (Loveless,
1991).
Potensial air suatu sistem
menunjukkan kemampuannya untuk melakukan kerja dibandingkan dengan kemampuan
sejumlah murni yang setara, pada tekanan atmosfer dan pada suhu yang sama.
Potensial osmotik larutan bernilai negatif, karena air pelarut dalam larutan
itu melakukan kerja kurang dari air murni. Kalau tekanan pada larutan
meningkat, kemampuan larutan untuk melakukan kerja (jadi, potensial-air
larutan) juga meningkat (Salisbury dan Ross, 1995).
Pemasukan air dari dalam tanah ke
dalam jaringan tanaman melalui sel-sel akar secara difusi dan osmosis.
Pertumbuhan juga bergantung pada pengambilan air dan banyak hal dalam hubungan
air tumbuhan bergantung pada interaksi antara sel dengan lingkungan. Tumbuhan
memang merupakan sistem yang dinamis dan sangat rumit, fungsi yang satu
berinteraksi dengan fungsi yang lain. Dengan kata lain, tumbuhan adalah sistem
multidimensi (Dwijoseputro, 1985).
Air diperlukan oleh tanaman untuk mengangkut unsur-unsur hara dan zat-zat
terlarut lain di dalam tanaman dan untuk produksi gula pada proses
fotosintesis, darimana tanaman memperoleh energi untuk pertumbuhan dan menjadi
dewasa. Sebagian besar air digunakan dalam proses transpirasi. Apabila air
hilang ke dalam atmosfer melalui transpirasi melebihi dari air yang diserap
tanaman dari tanah, maka air akan hilang dari sel-sel tanaman sehingga sel
tanaman kehilangan tegangan turgor dan akhirnya tanaman menjadi layu. Setiap
gejala kelayuan pada tanaman dapat dijadikan petunjuk bahwa pertumbuhan tanaman
akan terhenti. Pertumbuhan akan tergantung pada tegangan turgor yang
memungkinkan sel-sel baru terbentuk (Asdak, 2005).
2.3 Metodologi
2.3.1 Waktu dan Tempat
Adapun waktu dan tempat
pelaksanaan praktikum adalah sebagai berikut :
Hari /
tanggal : Rabu, 7 Januari 2015
Pukul
: 14.00 WIB - selesai
Tempat
: Laboratorium Genetika Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam
Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
2.3.2
Alat dan Bahan
A.
Alat
ü Labu botol kultur 100 ml
ü Kertas karton
B.
Bahan
ü Kecambah kacang hijau (Phaseolus
radiatus) yang berumur 10 hari
ü Larutan NaCl 1 M
ü Air destilasi.
2.3.3
Cara Kerja
1.
Dari
larutan baku NaCl buatlah masing-masing 100 ml larutan NaCl 0 gr, 0,5 gr, 25 gr,
5 gr dan 10 gr.
Gambar
2.1 dan 2.2. Penimbangan NaCl 0,5 gr (kiri) dan 2,5 gr (kanan)
Gambar
2.3 dan 2.4 Penimbangan NaCl 5 gr (kiri) dan10 gr (kanan)
Gambar 2.5 dan 2.6 Pengadukan NaCl
dalam air (kiri) dan Pengukuran tinggi batang, panjang daun dan lebar daun.
2.
Masukkan
masing-masing larutan ke dalam botol kultur dan beri label. Satu botol dipakai
sebagai kontrol ( isilah dengan air destilasi saja). Kemudian beri label.
3.
Tutuplah
mulut botol dengan karton
4.
Ambillah
kecambah kacang kacang hijau berumur ± 10 hari. Pilih yang sehat yang pertumbuhannya
dan ukur tinggi batang, panjang daun dan lebar daun.
5.
Masukkkan
2 stek kecambah kacang hijau kedalam botol kultur.
6.
Lakukan
pengamatan sitiap 24 jam selama 6 hari dan dicatat semua perubahan- perubahan
yang terjadi pada tanaman.
7.
Di
hari terakhir pengamantan, dicatat dan di ukur volume larutan yang ada pada
masing-masing botol kultur.
Gambar
2.7 dan 2.8 Kecambah yang sudah dimasukkan kedalam gelas berisi larutan NaCl.
2.4
Hasil Pengamatan dan Pembahasan
2.4.1
Hasil Pengamatan
A.
Pengaruh Kosentrasi Garam terhadap Penyerapan Air
Kosentrasi
NaCl
|
Volume Air yang
Hilang (ml)
|
0
|
0
|
0,5 gram
|
9
|
2,5 gram
|
6
|
5
gram
|
10
|
10 gram
|
3
|
B.
Pengaruh Kosentrasi Garam terhadap Pertumbuhan Tanaman
Konsentrasi
NaCl (g)
|
Volume Air yang
Hilang
|
||||
TT (cm)
|
PD (cm)
|
LD (cm)
|
JA (bh)
|
BB (g)
|
|
0
|
2,2
|
3,2
|
1
|
-
|
-
|
0,5
|
22,1
|
2,2
|
0,6
|
-
|
-
|
2,5
|
20,24
|
2,5
|
0,9
|
-
|
-
|
5
|
21,5
|
2,3
|
0,8
|
-
|
-
|
10
|
21
|
2,5
|
0,8
|
-
|
-
|
Keterangan: TT
(tinggi tanaman); PD (panjang daun); LD (lebar daun); JA (jumlah akar); BB (berat
basah).
2.4.2
Pembahasan
Kebutuhan tanaman terhadap penyerapan air untuk melangsungkan kehidupannya
sangat besar. Tumbuhan dapat mengabsorbsi air karena adanya perbedaan potensial
air di akar dan diluar akar. Besarnya potensial air ini dipengaruhi oleh
potensial osmotik. Potensial osmotik disebabkan adanya bahan terlarut seperti
garam didalam air sehingga dapat menurunkan energi bebas air karena molekul
bahan terlarut seperti garam menarik dan mengikat molekul air.
Berdasarkan hasil praktikum dapat dilihat pengaruh konsentrasi garam
(osmotik) terhadap kemampuan tanaman untuk mengabsorbsi air yang merupakan
pelarut dari garam tersebut. Keberadaan garam-garam terlarut dengan konsentrasi
yang berbeda-beda pada botol percobaan dapat mempengaruhi pertumbuhan kecambah.
Dua batang kecambah Phaseolus radiatus yang diletakkan di
dalam botol pada NaCl dengan kadar 0 gr; 0,5 gr; 2,5 gr; 5 gr dan 10 gr. Pada
hari ke-2 kecambah Phaseolus radiatus yang berumur 2 minggu
masih terlihar segar, akan tetapi pada hari ke-4 kecambah yang diletakkan pada
konsentrasi NaCl 10 gr terlihat layu dan mengalami kematian. Selanjutnya pada
hari ke-6 kecambah yang direndam dalam larutan NaCl pada konsentrasi 5 gr dan
2,5 grmengalami kelayuan. Sampai pada hari terakhir yaitu hari ke-6 semua
kecambah Phaseolus radiatus dalam larutan garam mengalami
kematian. Kematian pada kecambah terjadi karena garam-garam yang terlarut di
dalam air dapat menekan potensial air atau dengan kata lain konsentrasi garam
terlarut dapat menurunkan konsentrasi air didalam gelas sehingga potensial atau
konsentrasi air di gelas menjadi lebih rendah daripada potensial atau
konsentrasi air didalam tubuh tumbuhan. Sehingga meskipun kecambah diletakkan
pada gelas yang berisi larutan, kecambah tersebut tidak dapat menyerap air.
Mekanisme yang terjadi justru sebaliknya, potensial osmotik menyebabkan air
didalam tubuh tumbuhan cenderung untuk keluar karena air bergerak dari
konsentrasi tinggi ke konsentrasi rendah. Hal ini menyebabkan kecambah
mengalami kekeringan fisiologis yang diawali dengan layunya tanaman dan
diakhiri dengan kematian.
Garam memiliki sifat higroskopik atau memiliki kemampuan menyerap air
disekelilingnya. Semakin tinggi konsentrasi garam yang dilarutkan dalam air
maka semakin rendah konsentrasi air sehingga semakin cepat memicu terjadinya
stres garam hingga kekeringan fisiologis pada kecambah.
2.5
Penutup
2.5.1
Kesimpulan
Adapun kesimpulan yang diperoleh dari praktikum ini adalah sebagai berikut
:
1.
Perbedaan konsentrasi garam mempengaruhi kemampuan tanaman dalam
mengasorbsi air karena garam menarik dan mengikat molekul air.
2.
Semakin tinggi konsentrasi garam menyebabkan terjadinya potensial osmotik
semakin tinggi sehingga memicu pada kekeringan fisiologis.
2.5.2 Saran
Diharapkan kepada praktikan untuk praktikum selanjutnya harus lebih teliti
lagi dalam melakukan percobaan agar hasil yang diperoleh lebih akurat lagi.
Daftar Pustaka
Asdak, dkk. 2005. Fisiologi
Tanaman: PT Bina Aksara, Jakarta.
Dwidjoseputro, D. 1982. Pengantar
Fisiologi Tumbuhan: PT Gramedia, Jakarta.
Harso,E.B. 2010. Biologi:
ITB, Bandung.
Kurniasari, Anna Median, Adisyahputra
dan Rosihan Rosman. 2010. Pengaruh Kekeringan pada Tanah Bergaram Nacl terhadap
Pertumbuhan Tanaman Nilam: Bul. Littro. Vol. 21 No. 1, 2010, 18 - 27
Lampiran:_Jurnal
-
Kurniasari,
Anna Median, Adisyahputra dan Rosihan Rosman. 2010. Pengaruh Kekeringan pada
Tanah Bergaram Nacl terhadap Pertumbuhan Tanaman Nilam: Bul. Littro. Vol. 21
No. 1, 2010, 18 – 27 (10 lembar)
III.
PENGARUH KOSENTRASI ENZIM
3.1 Pendahuluan
3.1.1 Latar Belakang
Sel yang hidup pasti akan melakukan metabolisme,
yaitu reaksi kimia yang dilakukan sel untuk menghasilkan energi dan menggunakan
energi tersebut untuk mensintesis komponen-komponen sel serta untuk
kegiatan-kegiatan seluler. Melalui penggunaan energi ini, metabolisme dapat
diatur. Kecepatan reaksi serta macam reaksi metabolisme yang berlangsung diatur
oleh enzim yang jumlahnya cepat pada saat penggunaan yang tepat.
Pada umumnya reaksi kimia dalam sel
hidup sangat lambat bila tanpa katalisator. Enzim mampu berperan sebagai
katalisator dengan mempecepat reaksi, lebih cepat jika dibandigkan dengan
katalisator anorganik. Enzim sebagai katalisator hayati sama sekali tidak
terpengaruh oleh reaksi yang dipercepatnya. Kerja enzim sangant spesifik,
sehingga dapat menghindari terbentuknya ikatan yang bersifat toksis. Namun
karena enzim merupakan protein maka aktivitasnya sangay dipengaruhi oleh temperatur,
ph, kosentrasi enzim dan kosentrasi substrat.
3.1.2 Tujuan
Mengamati pengaruh kosentrasi enzim
terhadap kecepatan reaksi
(perubahan amilum menjadi glukosa).
3.2 Tinjauan Pustaka
Enzim atau biokatalisator
adalah katalisator organik yang dihasilkan oleh sel.Enzim sangat penting dalam
kehidupan, karena semua reaksi metabolisme dikatalis oleh enzim. Jika tidak ada
enzim, atau aktivitas enzim terganggu maka reaksi metabolisme sel akan terhambat
hingga pertumbuhan sel juga terganggu.Reaksi-reaksi enzimatik dibutuhkan agar
bakteri dapat memperoleh makanan/ nutrient dalam keadaan terlarut yang dapat
diserap ke dalam sel, memperoleh energi Kimia yang digunakan untuk biosintesis,
perkembangbiakan, pergerakan, dan lain-lain. Pada Enzim amilase dapat memecah
ikatan pada amilum hingga terbentuk maltosa.Ada tiga macam enzim amilase, yaitu
α amilase, β amilase dan γ amilase. Yang terdapat dalam saliva (ludah) dan
pankreas adalah α amilase. Enzim ini memecah ikatan 1-4 yang terdapat dalam
amilum dan disebut endo amilase sebab enzim ini bagian dalam atau bagian tengah
molekul amilum (Poedjiadi, 2006).
Faktor-faktor yang mempengaruhi
kecepatan reaksi Enzim Perubahan suhu dan pH mempunyai pengaruh besar
terhadap kerja enzim. Kecepatan reaksi enzim juga dipengaruhi oleh konsentrasi
enzim dan konsentrasi substrat. Pengruh aktivator, inhibitor, koenzim dan
konsentrasi elektrolit dalam beberapa keadaan juga merupakan faktor-faktor yang
penting.
Peningkatan konsentrasi enzim
akan meningkatkan kecepatan reaksi enzimatik. Dapat dikatakan bahwa kecepatan
reaksi enzimatik (v) berbanding lurus dengan konsentrasi enzim [E]. Makin besar
konsentrasi enzim, reaksi makin cepat( Hafiz Soewoto,2000) .
Semakin besar konsentrasi enzim maka makin banyak pula
produk yang terbentuk dalam tiap waktu pengamatan. Dari pengamatan tersebut
dapat dikatakan bahwa konsentrasi enzim berbanding lurus dengan kecepatan
enzim. Dengan bertambahnya waktu, pada tiap konsentrasi enzim pertambahan
jumlah produk akan menunjukkan defleksi, tidak lagi berbanding lurus sejalan
dengan berlalunya waktu tersebut. Fenomena itu tentu mudah dimaklumi, karena
setelah selang beberapa waktu, jumlah substrat yang tersedia sudah mulai
berkurang, sehingga dengan sendirinya produk olahan enzim juga akan berkurang.
Akan tetapi pada gambar 1 tampak pula dengan jelas, bahwa defleksi tersebut
makin jelas dengan makin tingginya konsentrasi enzim. Sebaliknya, pada
konsentrasi enzim yang rendah, dalam jangka waktu pengamatan yang sama hubungan
waktu dengan jumlah produk yang dihasilkan masih berbanding lurus.
Hubungan antara laju reaksi
dengan konsentrasi enzim ternyata berbanding lurus. Jadi, makin besar
konsentrasi enzim, maka makin cepat laju reaksi.
Kadang-kadang terjadi
penyimpangan dari persamaan ini, sehingga diperoleh garis agak melengkung.
Biasanya, penyimpangan ini terjadi jika enzim yang dipelajari tidak dalam
keadaan murni, sehingga mungkin terdapat senyawa-senyawa penghambat reaksi
dalam jumlah yang sangat kecil. Sebaliknya, penyimpangan juga terdapat dalam
sediaan enzim dengan kemurniaan yang tinggi. Dalam keadaan ini, penyimpangan
disebabkan oleh senyawa pengaktif (aktivator), misalnya tidak adanya ion
tertentu, meskipun ph yang diperlukan sudah dipastikan dengan menggunakan
larutan dapar dan tidak hanya sekedar larutan dengan ph yang diperlukan
tersebut ( Mohamad Sadikin, 2002 ).
3.3 Metodologi
3.3.1 Waktu dan Tempat
Tanggal : 8
Januari 2015, pukul 08.00 sampai selesai.
Lokasi : Laboratorium Genetika Fakultas Pertanian
dan Peternakan UIN SUSKA RIAU
3.3.2 Alat dan Bahan
A.
Alat
ü Gelas
ukur
ü Mortir
porselin
ü Tabung
reaksi
ü Sentrifuge
ü Gelas
piala
ü Pipet
ü Rak
tabung reaksi
B.
Bahan
ü Kecambah
kacang hijau (Phaseolus radiatus)
yang berumur 1 hari
ü Larutan
amilum 4 %
ü Larutan
JKJ
ü Air
destilasi.
3.3.3 Cara kerja
1. Dipilih
100 kecambah kacang hijau yang baik dan kupas kulitnya untuk digerus dengan
mortir porselin sampai halus.
2. Bubur
kecambah hijau tersebut dimasukkan kedalam gelas ukur, kemudian ditambah air
destilasi sampai rata (100 ml) dan disentrifuge selama 5 menit.
3. Supernatan
dipisahkan dengan lapisan bawah. Cairan supernatan dianggap memiliki kadar
enzim 100%.
4. Panaskan
larutan amilum 4 % .
5. Masukkan
5 ml cairan enzim dan tambahkan 2,5 ml larutan amilum, kemudian tambahkan
larutan JKJ samapi berwarna biru tua kedala tabung reaksi. Saat pencampuran
dianggap waktu ke-0.
6. Tentukan
lama waktu yang diperlukan dalam pengubahan amilum menjadi glukosa. Lakukan
percobaan dengan perlakuan kadar enzim 75 %, 50%, dan 25%.
7. Setiap
perlakuan dilakukan denga 2 kali ulangan.
8. Amati
hubungan antara perubahan warna dengan kadar enzim. Buatlah grafiknya.
Gambar 3.1 dan
3.2 Hasil perendaman kacang hijau (kiri) dan penggerusan kacang hijau yang
telah dikupas dengan mortir porselin (kanan)
Gambar 3.3 dan
3.4 Hasil penggerusan kacang hijau dimasukkan kedalam gelas ukur (kiri) dan
dicampur air kemudian disaring (kanan)
Gambar 3.5 dan
3.6 Hasil penggerusan kacang hijau dicampur air kemudian disentrifuge selama 5
menit (kiri) dan hasil praktikum terhadap semua perlakuan (kanan)
3.4 Hasil dan Pembahasan
3.4.1 Hasil Pengamatan
Kosentrasi Enzim (%)
|
Perlakuan ke-
|
Lama perubahan amilum menjadi
glukosa (menit)
|
Rerata
|
25/6,5 ml
|
1.
2.
|
6 detik/ 8 detik
|
12 detik
|
50/10 ml
|
1.
2.
|
2 detik/12 detik
|
7 detik
|
75/15 ml
|
1.
2.
|
5 detik/ 12 detik
|
8,5 detik
|
100/20 ml
|
1.
2.
|
21 detik/ 11detik
|
16 Etik
|
3.4.2 Pembahasan
Dari hasil
praktikum konsentrasi enzim di atas, di ketahui bahwa jika konsentrasi enzim
sebesar 6,5 ml diperoleh hasil pada percobaan pertama lama perubahan amilum
untuk menjadi glukosa adalah 6 detik. Sedangkan pada percobaan yang kedua terjadi
perubahan selama 8 detik. Sehingga didapatkan rata perubahan amilum untuk
menjadi glukosa adalah 12 detik. Untuk kosentrasi enzim sebesar 10 ml diperoleh
hasil pada percobaan pertama lama perubahan amilum untuk menjadi glukosa adalah
2 detik. Sedangkan pada percobaan yang ke dua terjadi perubahan selama 12 detik
. sehingga didapatkan rata perubahan amilum untuk menjadi glukosa adalah 7
detik. Untuk konsentrasi enzim 15 ml
diperoleh hasil pada percobaan pertama lama perubahan amilum untuk menjadi
glukosa adalah 5 detik. Sedangkan pada percobaan kedua terjadi perubahan selama
12 detik. Sehingga di dapatkan rata perubahan amilum untuk menjadi glukosa
adalah 8,5 detik. Untuk konsentrasi enzim 20 ml di peroleh hasil pada percobaan
pertama lama perubahan amilum untuk menjadi glukosa adalah 21 detik. Sedangkan
pada percobaan yang ke dua terjadi perubahan selama 11 detik. Sehingga
didapatkan rata perubahan amilum menjadi glikosa adalah 16 detik.
3.5 Penutup
3.5.1 Kesimpulan
Kadar enzim berpengaruh terhadap kecepatan reaksi
pengubahan amilum menjadi glukosa. Semakin tinggi kadar/konsentrasi enzim, maka
semakin cepat kecepatan reaksi dalam mengubah amilum menjadi glukosa.
Sebaliknya, pada reaksi dengan konsentrasi sedikit atau tanpa adanya enzim,
maka kecepatan reaksi pengubahan amilum menjadi glukosa membutuhkan waktu yang
lebih lama.
3.5.2 Saran
Maka dalam
melakukan percepatan reaksi suatu enzim maka cara mempercepatnya dengan
meningkatkan konsentrasi enzim ataupun dengan mengurangi jumlah substrat.
Daftar
Pustaka
Rahayu, Sri Rahayu., dan Yuliani, dkk. 2014.Petunjuk Praktikum Mata kuliah
Fisiologi Tumbuhan. Surabaya : Laboratorium Fisiologi
Tumbuhan-Biologi-UNESA
Salisbury, Frank B., dan Ross, C.W.
1995. Fisiologi Tumbuhan Jilid 2 Edisi Keempat alih bahasa Lukman dan
Sumaryono. Bandung: ITB.
Isnawati. 2009.Biokimia.Surabaya: UNESA University Press.
Anam, Khairul. 2010. Sekolah Pascasarjana Institute Pertanian
Bogor:Produksi Enzim Amilase(online),(http://khairulanam.files.wordpress.com/2010/08/enzim-amilase.pdf , diakses pada 21 januari 2015).
Miladi, D Sahri. 2010.Fungsi Larutan Penyangga. (http://sahri.ohlog.com/fungsi-larutan-penyangga.oh81641.html, diakses pada tanggal 21 januari 2015).
Widarmayanti, Ratih. 2012.Pengaruh Kadar Enzim Terhadap Kecepatan Reaksi. (http://id.scribd.com/doc/109719857/Pengaruh-Kadar-Enzim-Terhadap-Kecepatan-Reaksi, diakses pada tanggal 21 januari 2015).
IV.
PERKECAMBAHAN BIJI
4.1
Pendahuluan
4.1.1
Latar Belakang
Perkecambahan dapat diartikan
sebagai suatu perubahan marfologi seperti penonjolan akar lembaga (radikula), dapat
juga diartikan munculnya semai atau juga secara teknis perkecambahan adalah
permulaan munculnya pertumbuhan aktif yang menghasilkan pecahnya kulit biji dan
munculnya semai. Perkecambahan meliputi peristiwa-peristiwa:
1.
Imbibisi
air dan arbsobsi air
2.
Hidrasi
jaringan
3.
Arbsobsi
oksigen
4.
Pengatifan
enzim dan pencernaan
5.
Transfor
molekul yang terhidrolisis ke sumbu embrio
6.
Peningkatan
respirasi
7.
Inisiasi
pembelahan dan pembesaran sel.
8.
Munculnya
embrio.
Proses penyerapan air oleh biji
sebagai akibat tarikan terhadap molekul air karena besarnya potensi matrik dari
dinding sel dan bahan-bahan lain yang terkandug dalam sel. Oleh sebab
itu,penyerapan air akan tetap berlangsung baik pada biji dalam keadaan dorman
atau tak dorman, baik biji tersebut hidup (viable)
atau mati. Penyerapan air oleh biji sepenuhnya merupakan peristiwa fisika yang
dikenal dengan imbibisi. Setelah terjadi proses tersebut terjadilah reaksi
enzimatis dan beberapa proses metabolisme segera di mulai.
Dalam
proses perkecambahan fitohormon sangat diperlukan, yaitu:
1.
Giberelin
untuk menggiatkan enzim hidrolitik;
2.
Sitokinin
merangsang pembelahan sel,menghasilkan munculnya akar lembaga dan pucuk
lembaga;
3.
Auksin
meningkatkan pertumbuhan karena pembesaran koleoriza akar lembaga dan pucuk
lembaga dan aktifitas geotrapi yaitu orientasi yang benar pada pertumbuhan akar
dan pucuk, terlepas dari orientasi.
4.1.2
Tujuan
Tujuan pratikum ini adalah:
1.
Mengetahui
pengaruh lama perendaman terhadap penyerapan air oleh biji kacang kedelai.
2.
Melihat
pengaruh kinetin terhadap perkecambahan biji kacang tanah, kacang hijau dan
padi.
4.2
Tinjauan Pustaka
Perkecambahan merupakan
kejadian yang dimulai dengan imbibsi dan diakhiri dengan radikula (akar
lembaga; atau pada beberapa biji kotiledon/hipokotil) memanjang atau muncul melewati
kulit biji. (Salisbury. 1995)
Perkecambahan merupakan
permulaan kembali pertumbuhan embrio di dalam biji. Yang diperlukan adalah suhu
yang cocok , dan persediaan oksigen yang cukup. Terbuka terhadap cahaya untuk
waktu yang sesuai juga merupakan persyaratan untuk perkecambahan untuk beberapa
kasus. (Kimball. 1983)
Proses pertumbuhan ini
disebabkan adanya pertambahan jumlah sel tumbuhan. Pertambahan jumlah sel
karena adanya peristiwa pembelahan sel meristematik yaitu mitosis. Mitosis
dapat dirangsang oleh hormon kinetin yang merupakan turunan dari sitokinin.
Kinetin adalah suatu hormon sitokonin yang pertama kali ditemukan dalam batang
tembakau. Kinetin ini mempercepat pembelahan sel dan juga berpengaruh terhadap
pertumbuhan tunas-tunas serta akar. (Wilkins. 1992)
Hormon tumbuhan adalah
senyawa organik yang disintesis di salah satu bagian tubuh tumbuhan dan
dipindahkan ke bagian lain, dan pada konsentrasi yang sangat rendah mampu
menimbulkan suatu respon fisiologis. (Salisbury. 1995)
Hormon yang mengontrol
pertumbuhan suatu pertumbuhan dapat juga diartikan juga sebagai zat organik
yang dihasilkan oleh jaringan tertentu dan diedarkan ke jaringan lainnya
sehingga mempengaruhi pertumbuhan tanpa adanya suatu tanaman akan terhambat,
kemudian selanjutnya bekerja melalui suatu cara yang spesifik pada konsentrasi
yang rendah untuk mengatur pertumbuhan, perkecambahan dan metabolisme.
(Dwijoseputro. 1991)
Sebagai salah satu
hormon yang berperan dalam mengatur tumbuhan, sitokinin dan kinetin merupakan
salah satu hormon yang dapat merangsang dan meningkatkan kadar cepat sintesis
protein. Sintesis protein meningkat dengan cara merangsang pembentukan RNA yang
mengkode protein. Pada sel yang mendapat rangsangan ribosom seringkali
berkelompok dalam suatu polisom-polisom yang besar mensintesis protein dan
tidak dalam bentuk polisom yang kecil atau ribosom. Dengan demikian sitokinin
dan kinetin dapat memperlambat proses dan meningkat kadar cepat sintesis
protein. (Sastramihardja. 1996)
Definisi sitokinin
dikaitkan dengan peranan sitokinin dalam merangsang proses pembentukan
sitokinesis (pembelahan sel). Pada jaringan ini sebagaimana halnya pembiakan
diri jaringan empelur ke batang. Sitokinin atau kinetin merupakan jaringan atau
senyawa yang merangsang pembelahan sel. (Lakitan. 2007)
Kinetin mempunyai fungsi utama yaitu dalam hal pembelahan sel dan
pembentukan organ. Dengan bantuan IAA sitokinin atau kinetin mempercepat
pembentukan tumor pada akar, dalam hal ini pembentukan tumor pada pangkal
tangkai daun sehingga mampu melancarkan masukanya air dan zat terlarut
didalamnya untuk kepentingan metabolisme sel. Kinetin dapat merangsang
pembelahan sel dan pembesaran sel pada diskus daun yang layu, perkembangan
kloroplas dan sintesis klorofil, memacu perkembangan lanjut etioplas menjadi
kloroplas khususnya mendorong pembentukan grana, setelah itu kinetin
meningkatkan pembentukan klorofil. Sebagai salah sau hormon yang berperan dalam
mengatur tumbuhan sitokinin dan kinetin merupakan salah satu hormon yang dapat
merangsang dan meningkatkan kadar cepat sintesis protein. Sintesis protein
meningkat dengan cara merangsang pembentukan RNA yang mengkode protein. Dengan
demikian sitokinin dan kinetin dapat memperlambat proses dan meningkat kadar
cepat sintesis protein. (Sasmitamihardja. 1996)
4.3
Metodologi
4.3.1
Waktu dan Tempat
Tanggal : 8
Januari 2015, pukul 08.00 sampai selesai.
Lokasi : Laboratorium Genetika Fakultas
Pertanian dan Peternakan UIN SUSKA RIAU
4.3.2
Alat
dan Bahan
A. Alat
ü Kantong plastik
ü Timbangan analitik
ü Tisu
ü Cawan petri
ü Kartas saring
ü Gunting.
B. Bahan
ü Kecambah
kacang hijau (Phaseolus radiatus)
yang berumur 1 hari
ü Larutan
ü Biji kedelai
ü Biji kacang hijau
ü Biji padi
ü Air destilasi
ü Larutan kinetin 100 ppm.
4.3.3
Cara Kerja
A.
Pengaruh Lama Perendaman terhadap Penyerapan Air oleh Biji Kacang
Kedelai.
1.
Timbang
biji kacang tanah yang ukuranya hampir sama seberat 5 gr sebanyak 8 bagian.
2.
Masing-masing
bagian direndam dalam kantong plastik yang berisi air selama 2, 6, 10, 14 dan
18 jam.
3.
Setelah
selesai masa perlakuan biji tanah dikeringkan dengan mengiriskan air diletakkan
diatas kertas tisu, kemudian ditimbang biji tersebut dan data hasil pengamatan
dicatat dalam lembar pengamatan.
Gambar
4.1 Penimbangan kacang tanah setelah perendaman.
B.
Pengaruh Kinetin terhadap Perkecambahan Biji Kacang Tanah, Kacang
Hijau dan Padi.
1.
Siapkan
larutan kinetin 0, 10, 20, 30, 40, dan 50 ppm masing-masing 60 ml.
2.
Masing-masing
kosentrasi larutan dimasukkan kedalam cawan petri (setiap cawan petri berisi 10
ml larutan) dan diberi label.
3.
Masukkan
kertas saring kedalam cawan petri yang telah diberi larutan tersebut.
4.
Masukkan
kedalam masing-masing cawan petri biji kacang tanah, kacang hijau, dan padi
sebanyak 10 buah.
5.
Hitung
persentase biji yang berkecambah.
4.4
Hasil dan Pembahasan
4.4.1
Hasil Pengamatan
A.
Pengaruh Perendaman terhadap Penyerapan Air oleh Biji Kacang
Kedelai.
Lama
Perendaman (Jam)
|
Berat Biji (g)
|
Pertambahan (g)
|
Keadaan Biji
|
|
Awal
|
Akhir
|
|||
2
|
5 Gram
|
8,12
|
3,12
|
-
|
6
|
5 Gram
|
7,84
|
2,84
|
-
|
10
|
5 Gram
|
8,41
|
3,41
|
-
|
14
|
5 Gram
|
8,13
|
3,13
|
-
|
18
|
5 Gram
|
8,26
|
3,26
|
-
|
B.
Pengaruh Kinetin terhadap Perkecambahan Biji Kacang Tanah, Kacang
Hijau dan Padi
Larutan Kinetin
(ppm)
|
Perkecambahan
|
|||||
Kacang Tanah
|
Kacang Hijau
|
Padi
|
||||
∑
|
%
|
∑
|
%
|
∑
|
%
|
|
0
|
10
|
60
|
10
|
55
|
10
|
75
|
10
|
10
|
70
|
10
|
50
|
10
|
80
|
20
|
10
|
75
|
10
|
60
|
10
|
60
|
30
|
10
|
80
|
10
|
70
|
10
|
80
|
40
|
10
|
90
|
10
|
85
|
10
|
85
|
50
|
10
|
80
|
10
|
90
|
10
|
95
|
4.4.2
Pembahasan
Berdasarkan data diatas pada tanaman kacang tanah yang kami teliti
dapat diketahui bahwa tanaman kacang tanah mengalami perkecambahan epigeal,
dimana pertumbuhan memanjang dari Hipokotil sehingga plumula dan
kotiledon ke permukaan tanah dan kotiledon melakukan fotosintesis. Selama daun
belum terbentuk tanaman kacang tanah yang diletakkan pada tempat gelap
pertumbuhannya lebih cepat karena auksin tidak rusak akibat
terkana sinar, namun lebih lemah dan tidak teratur arah pertumbuhannya. Selain
itu tanaman kacang tanah yang diletakkan di tempat gelap sangat rentan
mengalami kegagalan, karena tempat lembap yang banyak disukai organisme yang
kurang menguntungkan bagi pertumbuhan tanaman kacang tanah. Juga keadaan yang
lembap membuat intensitas air tinggi sehingga akar tanaman kacang tanah rawan
busuk.
Pengaruh lama perendaman
terhadap penyerapan air biji kacang kedelai keadaan bijinya setelah 2 jam
mengalami pertambahan berat 3,12 gram, sedangkan pada keadaan 6 jam berat
bertambah 2,84 gram, pada 10 jam mengalami pertambahan berat 3,41 gram, pada 14
jam mengalami pertambahan berat 3,13 gram, dan pada 18 jam mengalami
pertambahan berat 3,26 gram. Jadi pengaruh perendaman yang maksimal pada biji
kacang kedelai terdapat pada 10 jam.
4.5
Penutup
4.5.1
Kesimpulan
Perkecambahan diawali dengan penyerapan air dari lingkungan sekitar biji, baik
tanah, udara, maupun media lainnya. Perubahan yang teramati adalah membesarnya
ukuran biji yang disebut tahap imbibisi (berarti "minum"). Biji
menyerap air dari lingkungan sekelilingnya, baik dari tanah maupun udara (dalam
bentuk embun atau uap
air. Efek yang terjadi adalah membesarnya ukuran biji karena sel-sel embrio
membesar) dan biji melunak.
Pada pengaruh lama perendaman terhadap penyerapan air
oleh biji kacang kedelai mengalami yang berat maksimal pada 10 jam. Pengaruh
larutan kinetin pada kacang tanah maksimal 90% pada 40 larutan kinetin (ppm),
pengaruh larutan kinetin pada kacang hijau maksimal 90% pada 50 larutan kinetin
(ppm), dan pengaruh kinetin pada padi masimal 95% pada 50 larutan kinetin
(ppm).
4.5.2
Saran
Perkecambahan memerlukan lingkungan yang lembab yang
memudahkan air masuk ke dalam benih, untuk merangsang pertumbuhan kotiledon.
Maka sebaiknya lingkungan dibuat lembab.
Daftar
Pustaka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Harap bertanya ataupun berkomentar dengan bahasa yang sopan. Saran dan kritik yang membangun kami terima.